Jumat, 27 November 2015

proses asimilasi kebudayaan islam dan indonesia

Asimilasi Kebudayaan Islam


 Proses asimilasi kebudayaan di indonesia terjadi karena adanya kebudayaan asing yang masuk ke dalam kebudayaan pribumi.Sebelum agama islam datang ke nusantara, masyarakat telah mengenal sistem kepercayaan animisme dan dinamisme, Animisme adalah kepercayaan terhadap semua benda di bumi ini memiliki jiwa atau roh yang harus di hormati agat roh-roh tersebut tidak menggangu manusia.
 Adapun kepercayaan dinamisme adalah kepercayaanterhadap segala yang berbentuk besar, seperti gunung, pohon besar, dan lain sebagainnya memiliki kekuatan gaib dan harus dijaga. Dalam kurun beberapa waktu, tepatnya kurang lebih abad ke-3 dan ke-4 M kebudayaan masyarakat indonesia mengalami asimilasi dengan kebudayaan asing, yaitu agama hindu buddha. Setelah masuknya kedua agama tersebut maka banyak pemduduk yang mulai berganti kepercayaan dari animisme dan dinamisme menjadi Hindu-Buddha.
 Pada saat kebudayaan Hindu-Buddha masuk ke indonesia banyak perubahan yang terjadi. Mulai dari sistem pemerintahan, ekonomi, kehidupan sosial, pendidikan, bahkan kesenian. semua itu dikarenakan kebudayaan Hindu- buddha yang mempengaruhi masyarakat Indonesia.
 Akan tetapi, kebudayaan Hindu-buddha tidak berlangsung lama. Pada abad ke-7 M atau abad ke-1 H, agama Islam datang ke bumi nusantara dan memberikan warna yang berbeda. Islam datang di indonesia di bawa oleh para ulama yang sedang berdagang ke negeri cina. Para ulama yang datang dari arab, India, Persia banyak bersinggah di wilayah indonesia. Dan pada saat bersinggah, para ulama tidak diam diri. Mereka menjalin komunikasi yang baik dengan para penduduk Indonesia. 
 Selain itu, mereka juga melakukan dakwah di bumi Nusantara. Banyak cara berdakwah yang dilakukan para ulama. Mulai dari bidang kesenian, pemdidikan, pemerintahan, sosial dan budaya. Agama Islam sangat diterima oleh penduduk karena ajaran-ajarannya disampaikan dengan cara- cara yang bijak dan tidak memaksa. Islam datang ke indonesia bukan karena peperangan, tapi karena islam dikenalkan dengan car yang santun mulai jalur perdagangan.
 Karena masyarakat merasa tertarik dengan ajaran-ajaran Islam, maka pada abad ke-13 agama Islam mulai berkembang pesat di indonesia. Pada saat itu, banyak dari klangan ningrat atau raja yang memeluk agama islam. Dan tindakan para kalangan terhomat tersebut akhirnya diikuti oleh para rakyatnya.Bahkan, banyak pula kerajaan-kerajaan Hindu buddha yang ada sebelum datangnya Islam pun menjadi kerajaan-kerjaan islam.
 Gambaran di atas merupakan bentuk terjadinya proses asimilasi kebudayaan dan agama yang datang dari luar Indonesia. Karena adanya asimilasi tersebut penduduk Indonesia bisa mengenal sistem kerajaan, sistem politik, sistem ekonomi, sistem pendidikan, dan lain sebgainya. Sistem-sitem yang berdasarkan agama Islam itu pun selalu berkembang hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar